Pemenuhan kebutuhan gizi

Penilaian HATINYA PKK di Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan Tahun 2021

Penilaian HATINYA PKK di Desa Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan Tahun 2021

Foto bersama Tim penggerak PKK

SERGAI AKTUALDETIK.COM - HATINYA PKK merupakan salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (Pokja) PKK seluruh Indonesia. Gerakan HATINYA PKK adalah singkatan dari halaman asri, teratur, indah dan nyaman bersama Tim Penggerak PKK. Desa Pematang Sijonam, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (sergai) merupakan salah satu dari 3 Desa Kecamatan Perbaungan, Desa Sei Jenggi, Desa Naga Lawan, yang akan dilombakan mengikuti lomba HATINYA PKK Acara ini diselenggarakan di Kantor Desa Pematang Sijonam, Kecamatan Perbaungan, Kamis (22/4).

Perwakilan Dari Camat Perbaungan, Sri Rahayu mengatakan bahwa PKK Kecamatan Perbaungan mempunyai kebun percontohan yang dikelola langsung oleh para anggota dan ditanami oleh tanaman toga, sayur dan buah. Di Pematang Sijonam ada juga contoh halam perkebunan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Kami mengharapkan bantuan dan arahan dalam pengembangan lebih lanjut dari Tim Penggerak PKK Kabupaten agar membantu kami dalam upaya bagaimana meningkatkan pendapatan keluarga dengan produk pangan lokal yang telah diolah dan inovasi dalam kemasan sehingga menarik untuk dipasarkan,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pokja sekaligus Ketua Tim Penilai HATINYA PKK Kabupaten Serdang Bedagai Aini Zetara Siregar, SE. H. Adlin Umar Yusri Tambunan, S.T., M.S.P. bahwa ada tiga indikator dalam penilaian HATINYA PKK yaitu pemanfaatan pekarangan rumah, komoditi pangan seperti ternak dan ikan. Ketiga sumber ini harus seimbang antara karbohidrat, protein hewani dan nabati. Ketiga indikator tersebut harus mencapai 80%, karena ketiga inilah jadi kriteria utama dalam penilaian HATINYA PKK,” jelasnya.

Selanjutnya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Serdang Bedagai, Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, mengajak memanfaatkan pekarangan rumah semaksimal mungkin melalui HATINYA PKK, dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu dengan berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan untuk menjamin ketersediaan pangan yang beranekaragaman secara berkelanjutan guna pemenuhan kebutuhan gizi dan pendapatan keluarga apalagi ditengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid 19) seperti sekarang ini. 


(Willy Lubis)

Bagi masyarakat yang memiliki informasi atau mengetahui kejadian/peristiwa dimanapun atau ingin berbagi foto dan video, silakan dikirim ke nomor WA:  0812 6830 5177 - Atau EMAIL redaksi : aktualdetik19@gmail.com.
JANGAN LUPA 
Mohon dilampirkan data pribadi.

Komentar Via Facebook :