Siswa/i Ujian AKM di SMPN 18 Pekanbaru

Siswa/i Ujian AKM di SMPN 18 Pekanbaru

PEKANBARU, AKTUALDETIK.COM,- Membaca belum merupakan kebutuhan bagi peserta didik. Pemerintah melalui Kemendikbudristek pun gencar melakukan upaya melalui Gerakan Literasi Nasional. Literasi merupakan keterampilan seseorang membaca, menulis, berbicara, mengitung, dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari

Secara umum literasi diartikan sebagai keterampilan seseorang menerima, mengolah, dan menyampaikan informasi kembali yang diterimanya.

Redaksi aktualdetik telah mengkonfirmasi ke Kepala SMPN 18 Pekanbaru mengenai kegiatan AKM ini. "Dalam kaitan dalam pembelajaran, Literasi dan Numerasi akan menjadi komponen utama dalam Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM. AKM ini merupakan pengganti Ujian Nasional" papar Zamhuri.

AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. AKM mencakup  Literasi membaca dan Numerasi.

"Ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan, mereka yang memili para peserta secara random sebanyak 45 orang dari Dapodik. Namun ya, ada kendala di jaringan yang agak lelet pada saat proses asesmen tadi." Ujarnya.

AKM adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang kini diusung oleh Kemendikbudristek. Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia.

AKM sebagai evaluasi terkait mutu pendidikan. AKM adalah sistem yang digunakan untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

"ini bertujuan untuk mengevaluasi raport mutu sekolah yang akan dijawab oleh anak-anak kita, yang terdiri dari literasi, numerasi, dan survei lingkungan. Nah dari hasil itulah nanti keluar di bagian mana yang kurang nantinya." Jelas Zamhuri

Dalam bidang pendidikan, AKM adalah inovasi terbaru terkait penjamin mutu pendidikan. AKM adalah sistem yang dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar.

Sebagai guru, pemahaman tentang AKM merupakan hal yang urgen dan mendesak. Bagi siswa, AKM adalah penilaian yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

 

Komentar Via Facebook :