Tokoh Terpopuler Untuk Walikota Pekanbaru

Popularitas Muflihun Masih Unggul Jelang Pilkada 2024

Popularitas Muflihun Masih Unggul Jelang Pilkada 2024

Foto: Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun, S. STP., M. AP dihadapkan masyarakat maju sebagai Walikota Pekanbaru pilkada 2024

AKTUALDETIK.COM - Jelang pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru tahun 2024, sejumlah pihak telah mendambakan sosok pemimpin Kota Pekanbaru yang tepat untuk membawa perubahan berarti bagi Kota Pekanbaru kedepan. Salah satu lembaga masyarakat, sebut, Muflihun, dari sisi popularitas masih Unggul. 29/03/2024.

Lembaga Pemantau Kebijakan Pemerintah dan Kejahatan di Indonesia (LP-KKI), misalnya, melihat, bahwa masyarakat kota Pekanbaru masih menaruh harapan besar kepada sosok Muflihun, yang kini sebagai Pj Walikota Pekanbaru. Untuk mewujudkan apa yang pernah digagas olehnya saat pertama kali diberi kepercayaan sebagai Penjabat Walikota Pekanbaru Mei tahun 2022 lalu. 

, "Pillkada sudah didepan mata, yakni November 2024. Kami yakin bahwa warga Kota Pekanbaru sangat mendambakan sosok pemimpin yang "bertangan dingin" dan benar-benar memiliki political will untuk memajukan Kota Pekanbaru menjadi kota yang moderen, bermartabat, dan menjadi kota yang smart, rapi, indah dan nyaman kedepan, " Sebut Ketua LP-KKI, Feri Sibarani, S.H.,M.H, hari ini di Pekanbaru. 

Menurutnya, sejumlah pihak saat ini sudah mulai menentukan sosok-sosok pemimpin Kota Pekanbaru kedepan. Menganggapi pertanyaan awak media tentang munculnya sejumlah nama yang ingin maju bertarung di pilkada November 2024 nanti, Feri Sibarani lulusan Magister Hukum Universitas Lancang Kuning dengan konsentrasi Hukum Tata Negara ini, mengatakan, itu artinya, masih banyak tokoh-tokoh di Pekanbaru yang perduli dengan pengelolaan kota Pekanbaru. 

, "Kami melihat itu sebagai bentuk respek positif dari sejumlah tokoh di Pekanbaru. Tapi semua harus menyadari, memimpin Kota Pekanbaru ini, menurut kami tidak semudah yang di bayangkan. Dari pengamatan kami, Muflihun, yang akrab disapa Uun ini, secara popularitas masih jauh lebih unggul dibandingkan dengan nama-nama lainnya. Terlebih, Muflihun ini di mata publik memiliki karakter yang lebih terbuka bagi semua kalangan atau elemen-elemen masyarakat di Kota Pekanbaru yang majemuk, " Jelas Feri. 

Masih menurutnya, bahwa untuk merebut kursi sebagai Walikota Pekanbaru, tidak melulu jumlah suara perolehan di pemilihan legislatif menjadi satu-satunya parameter. Atas pendapat itu, Feri Sibarani mengumpamakan pilkada Walikota Medan pada tahun 2019. 

Saat itu, menurut Feri, hasil dari survey Koordiantor Indonesia Development Monitoring (IDM) untuk Pilkada Medan, diperoleh posisi elektabilitas petahana Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, masih menjadi salah satu favorit. Tetapi, justru pilihan rakyat jatuh kepada Bobby Nasution, karena alasan yang sama. 

,"Tingkat keterpilihan pemilik suara terbanyak di pileg menurut kami bisa saja merosot lantaran perbedaan karakter sosok figur yang harus berhadapan dengan banyak golongan. Dia harus mampu mengakomodir kepentingan dan aspirasi seluruh elemen masyarakat yang sangat majemuk di Kota Pekanbaru. Dan sejauh ini, Muflihun, adalah sosok yang sudah teruji dan terbukti mampu mewujudkan hal itu ke publik," Urai Feri Sibarani.

Selain itu, masih menurut pihaknya, pengelolaan keuangan daerah dan progres pembangunan juga menjadi salah satu tolok ukur masyarakat dalam menentukan pilihannya. Sehingga, menurut LP-KKI, hal itu sangat tergantung kemampuan keuangan daerah, yang ditopang oleh sumber Penghasilan Asli Daerah dan dana perimbangan dari pusat seperti DAU dan DAK. 

, "Kita semua paham, tatkala Muflihun diberikan amanah memimpin Pekanbaru, harus bergerak dengan kondisi keuangan yang memprihatinkan. Itu informasi yang kita terima. Ratusan miliar utang Pemerintah sebelumnya harus diselesaikan Muflihun. Disisi lainnya, ada belanja pegawai seperti guru honorer, dan tenaga-tenaga kesehatan, yang sangat dibutuhkan masyarakat. Serta program krusial bidang kesehatan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Dan sisi lainnya terus mengupayakan perbaikan infrastruktur di Pekanbaru, "Katanya. 

Hingga saat ini, dari pantauan LP-KKI, perkembangan di masyarakat, figur yang lebih populer dan lebih terbuka kepada seluruh golongan masyarakat Kota Pekanbaru adalah sosok Muflihun. 

, "Artinya, secara kemampuan lider ship, perwujudan prinsip-prinsip demokrasi, dan memeberikan rasa keamanan, kenyamanan bagi semua pihak tanpa terkecuali, masi masih dimiliki oleh seorang Muflihun," Pungkasnya. 

Sumber: Wawancara
Penulis: FIT
Editor: Red

 

Komentar Via Facebook :