Momentum Bersejarah

Di Hari Sumpah Pemuda Ke 92, Ini Yang Dilakukan IPK Provinsi Riau

Di Hari Sumpah Pemuda Ke 92, Ini Yang Dilakukan IPK Provinsi Riau

Ketua DPD IPK Provinsi Riau, Kasten Harianja dengan Puluhan anak Warga Kota Pekanbaru mengikuti Sunatan Massal pada peringatan Hari Sumpah Pemuda

PEKANBARU AKTUALDETIK.COM - Dalam memaknai momen penting, Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2020, DPD Ikatan Pemuda Karya Provinsi Riau (DPD IPK - Provinsi Riau) laksanakan kegiatan sosial sunatan massal kepada sejumlah anak-anak warga yang terdampak Covid 19. Rabu 28/10/2020.

Sumpah Pemuda sangat erat kaitannya dengan Kemerdekaan Bangsa Indonesia dan merupakan sebuah sejarah penting dalam berbangsa dan bernegara. Selayaknya lah generasi Bangsa Indonesia merasa bertanggung jawab untuk mengenang dan memegang teguh Sumpah Pemuda Sebagaimna tertuang dalam Naskah Sumpah Pemuda itu.

Sebagai salah satu Organisasi Kepemudaan di Indonesia, Ikatan Pemuda Karya (IPK), yang dibentuk seorang tokoh berkarisma, yakni Olo Panggabean (alm), sudah sepatutnya turut bertanggung jawab untuk mengimplementasikan isi dari Sumpah Pemuda Indonesia tersebut, mengingat IPK adalah sebuah wadah berhimpunnya Pemuda-pemudi Bangsa,  kali ini, IPK mewujudkan rasa keperdulian sosialnya kepada masyarakat, dengan melakukan karya positif, yakni kegiatan sunatan massal.

Kegiatan berlangsung di Kantor DPD IPK Provinsi Riau Jalan Hasanuddin Nomor 98, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru. Hadir dalam kegiatan sosial itu, Sekretaris DPD IPK Riau Juprian SE, Bendahara Yunan Liem, Ketua Panitia Pelaksana Unggal Gultom, dan Satgas Inti Maha Sakti Karya Maro Sitanggang. Selain itu, juga tampak Ketua Sapma IPK Riau Yogi Irawan, Ketua IPK Kota Pekanbaru Melky Gomos Sinaga, Ketua RT 02 RW 04, keluarga peserta sunat massal, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Prosesi sunat massal diawali dengan tausyiah Ustad Muhammad Ali yang mengulas kewajiban laki-laki beragama Islam untuk bersunat atau khitan. Dalam kesempatan itu, Ustaz Ali juga menyatakan apresiasinya kepada IPK yang secara nyata peduli terhadap masyarakat di Hari Sumpah Pemuda ini.

“Semoga ini menjadi agenda rutin, karena kegiatan sunat massal ini sangat membatu keluarga yang kurang mampu,” harap Ustaz Ali.

Seorang guru Madrasyah Ibtidaiyah, A Subari juga menyampaikan hal senada. Ia ber terimakasih karena anak didiknya mendapat kemudahan untuk berkhitan. Semoga IPK semakin jaya,” sebut Subari.

Ketua DPD IPK Provinsi Riau, Kasten Harianja mengatakan, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 orang anak. sebagian diantaranya merupakan warga sekitar Kantor DPD IPK Riau.

“Berbangsa satu, bangsa Indonesia. Bertanah air satu, tanah air Indonesia dan berbahasa satu, bahasa Indonesia. Sumpah Pemuda juga kami terjemahkan dalam bentuk saling membantu antar sesama. Memperingati Hari Sumpah Pemuda kali ini, IPK menggelar kegiatan sunatan massal,” sebut Harianja.

Harianja juga menegaskan bahwa IPK akan terus memegang komitmet menjadi organisasi kepemudaan yang melakukan karya nyata, bukan karya kata.

“Keberadaan IPK harus memberikan manfaat bagi masyarakat. IPK ini milik kita semua, bukan milik perorangan atau kelompok tertentu saja. IPK Riau ini, ya milik orang Riau,” tegas Harianja.

Dalam pelaksanaan khitan, pengurus DPD IPK Riau dan Panitia Pelaksana menyerahkan bingkisan berupa kain sarung, kopiah dan uang saku kepada peserta.

“Kita tidak hanya fasilitasi sunatnya saja. Dokter juga akan memeriksa luka sunat peserta di kantor IPK ini pada Sabtu nanti sampai benar-benar sembuh,” imbuh Harianja.

“Pelayanan yang kita berikan tidak setengah jalan, tetapi sampai tuntas,” sambungnya menutup Harianja.

Editor : Feri Sibarani
Sumber : Haluan

 

Komentar Via Facebook :